Setiap orang pasti takut mendengar kata 'tua'. Pasalnya, dengan beranjak menjadi tua banyak fase atau perubahan dalam tubuh baik pria dan wanita.

Ada banyak perubahan yang terjadi bila penuaan itu tiba, misalnya kondisi kulit yang mulai kendur dan keriput. Namun, dibalik itu arti penuaan sesungguhnya adalah menurunnya beberapa fungsi dalam organ tubuh manusia.



Lantas seperti apa sebenarnya fase penuaan pada diri pria dan wanita ? Simak ulasan berikut..

Proses penuaan terjadi dalam tiga fase kehidupan. Fase pertama, pada usia 25-35, yaitu manusia akan memasuki fase penuaan subklinik. Pada fase ini tanda penuaan belum terlihat jelas tetapi fungsi hormon testosteron, hormon pertumbuhan, dan estrogen mulai melemah.

Lalu, fase kedua, pada usia 35 hingga 45 tahun. Ini merupakan fase transisi yang ditandai dengan menurunnya fungsi hormon sebanyak 25 persen, menyusutnya otot, dan meningkatnya serapan lemak.

Sementara itu, untuk fase ketiga, ketika memasuki usia 45 tahun, yang disebut dengan fase klinik. Ditandai dengan, mulai sering merasa sakit karena kemampuan menyerap nutrisi, makanan, mineral, dan vitamin menurun.

Cegah penuaan dini

Setiap manusia yang memang tidak bisa lepas dari proses penuaan, namun penuaan bisa dicegah atau dihambat. Salah satu cara adalah dengan menggunakan antioksidan yang mencegah radikal bebas dan mencegah kerusakan sel atau jaringan.

Pada dasarnya, setiap manusia memiliki antioksidan alami yang ditemukan di setiap sel dalam jaringan tubuh, seperti Super Oxide Dismutase (SOD), katalase, peroksidase gluthatione, dan sebagainya. Antioksidan alami tersebut secara langsung akan berurusan dengan radikal bebas dan menjadi pelindung bagi tubuh Anda.

Namun, semakin tua seseorang, jumlah antioksidan alami yang diproduksi tubuh mulai menurun, padahal jumlah radikal bebas terus meningkat, sebagian karena paparan polusi dan bahan pengawet yang ditemukan dalam makanan. Oleh karena itu, dibutuhkan asupan tambahan antioksidan, baik dari makanan, minuman dan suplemen.

Suplemen antioksidan tetap diperlukan terutama jika Anda tidak bisa makan sayuran atau buah segar setiap hari dan cenderung mengonsumsi makanan tinggi lemak, merokok, minum alkohol, aktivitas fisik terlalu berat, memiliki beban psikologis, dan tinggal di lingkungan yang tercemar.

Cara lain untuk memperlambat proses penuaan adalah dengan melakukan detoksifikasi (menetralkan racun dalam tubuh), diet (mengurangi asupan lemak), latihan fisik, mengurangi stres, dan harmonisasi hormon.

sumber: inilah.com